Empat Tahapan Dalam Memilih Dokter Anak Terbaik

Bagi setiap orang tua tentu ingin sekali memberikan yang terbaik untuk si kecil termasuk dalam urusan memilih dokter anak yang bagus. Yang namanya juga penyakit pasti bisa datang kapan saja dan sebagai orang tua jelas tidak ingin melihat anak sampai sakit. Ketika anak mengalami sakit sebaiknya lakukan perawatan pertama dulu di rumah jika sakit yang diderita bukan sakit yang kronis seperti batuk, pilek, dan demam. Namun jika sakit ini masih berlanjut dan tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari maka dianjurkan untuk membawanya ke dokter anak.

Empat Tahapan Sebelum Memilih Dokter Spesialis Anak

Bicara soal memilih dokter anak yang bagus ini memang bukan perkara yang mudah sebab mencari dokter itu seperti cocok-cocokkan. Misalnya ada keluarga yang cocok membawa anak mereka ke Dokter A tetapi belum tentu saat dibawa ke sana anak Anda cocok. Jadi sudah menjadi hal yang umum jika ada pasangan yang sampai mengunjungi beberapa dokter anak sampai akhirnya mereka menemukan dokter yang dirasa paling cocok. Tetapi jika mesti mengunjungi beberapa dokter sudah barang tentu cukup merepotkan ditambah lagu juga memakan biaya yang tidak sedikit.

Mesti diingat juga mengunjungi dokter apalagi dokter spesialis itu termasuk spesialis anak membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk biaya konsultasinya saja bisa mencapai ratusan ribu lebih biaya belum lagi untuk membeli obat. Jadi ada baiknya untuk mengetahui empat tahapan berikut ini dalam memilik dokter spesialis anak yang bagus dan juga terbaik. Dengan begitu langkah yang dilakukan tidak akan sia-sia karena sudah tahu tahapan-tahapan yang tepat dan berikut selengkapnya :

  • Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mulai Mencari Dokter Anak?

Salah satu kesalahan yang masih sering dilakukan para pasangan muda yang baru dikaruniai buah hati adalah mereka baru mencari dokter spesialis anak saat si kecil jatuh sakit. Padahal idealnya mulai mencari informasi tentang dokter anak yang bagus ini sejak usia kandungan masih berusia 6 bulan atau 3 bulan sebelum sang bayi ini lahir. Carilah informasi sebanyak mungkin dengan mempertimbangkan juga aspek lokasi kemudian biaya serta dari segi kepakaran sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun kondisi Anda.

  • Bagaimana Cara Mengumpulkan Informasi Tersebut?

Untuk mendapatkan informasi tersebut caranya bisa dengan bertanya kepada kerabat dekat, tetangga, teman atau bisa juga menanyakannya langsung kepada perawat pada rumah sakit yang biasa digunakan untuk melakukan pemeriksaan kandungan. Apabila punya waktu luang, tidak ada salahnya untuk menemui calon dokter sebelum nantinya menjatuhkan pilihan dan bisa juga dengan mengantarkan keponakan ke dokter atau menemani teman yang akan berkunjung ke dokter spesialis anak tadi. Dari situ, Anda bisa melihat langsung seperti apa cara dokter tersebut dalam melakukan interaksi dengan pasiennya.

  • Perhatikan Suasananya

Karena yang dibawa ke dokter adalah anak-anak maka perhatikan juga seperti apa suasana di ruang praktik dokternya. Pastikan suasananya memancarkan kesan “child friendly” dengan begitu anak juga tidak takut dan merasa betah. Lalu perhatikan juga jumlah antrean pasiennya dan ruang tunggu antreannya apakah memadai dan nyaman atau tidak. Alangkah bagusnya jika ada ruang tunggu khusus untuk anak-anak jadi saat antre mereka tidak bosan.

  • Wawancara

Untuk tahapan yang terakhir adalah dengan melakukan tanya-jawab singkat secara langsung dengan calon dokter si kecil. Beberapa pertanyaan yang bisa diajukan seperti apakah mereka bersedia menerima konsultasi lewat telepon atau email jika diperlukan. Anda juga bisa menilai sendiri apakah dokternya cukup enak untuk diajak mengobrol atau cenderung pasif dan cuek. Bila kesan yang diberikan dokter tersebut seperti terganggu oleh pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan atau kurang begitu responsif maka tidak ada salahnya mencari dokter lainnya.

Cara Agar Hemat Saat Pergi Ke Dokter Spesialis Anak

Meski biaya ke dokter spesialis anak ini tergolong mahal namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menekan pengeluaran. Pertama dengan mencari lokasi dokter anak yang dekat dengan rumah Anda agar biaya transportasinya bisa ditekan. Kemudian gunakan juga layanan asuransi kesehatan seperti BPJS untuk mendapatkan keringanan biaya bahkan bisa gratis saat mengunjungi dokter anak yang bagus.

Share

Anda mungkin juga menyukai