Mengenal 5 Jenis dan Penyebab Kebotakan

Kebotakan adalah hal yang sangat dihindari oleh kebanyakan orang, apalagi remaja yang masih sering memikirkan penampilan. Kebotakan tentunya akan membuat seseorang menjadi kehilangan kepercayaan dirinya. Biasanya kebotakan lebih banyak dialami oleh pria dibandingkan perempuan, pria mungkin saja dapat mengalami kebotakan yang ditandai dengan kemunduran garis rambut yang ada di dahi.

Jenis-Jenis Kebotakan

Banyak sekali faktor-faktor yang bisa menyebabkan kebotakan diluar daripada faktor keturunan. Oleh karena itu, penting juga menjaga kesehatan agar bisa terhindar dari yang namanya kebotakan. Sebagai upaya pencegahan ada baiknya untuk mengetahui beberapa jenis-jenis kebotakan.

  1. Kebotakan genetik

Penyebab dar kebotakan ini tentunya karena faktor genetik yang dimiliki seseorang karena terdapat predisposisi genetik serta hormnon androgen dihydrotestosteron (DHT). Hormon tersebut berada pada kelenjar folikel yang berfungsi sebagai hormon pertumbuhan rambut. Apabila ada anggota keluarga yang mengalami kebotakan, maka keturunannya akan beresiko 2.5 kali mengalami kebotakan.

  1. Kebotakan koin

Kebotakan ini bisa dialami siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa, baik pria maupun wanita. Kebotakan koin terjadi karena sistem kekebalan yang salah dan infeksi jamur di kepala. Kemudian infeksi tersebut menyerang folikel rambut, dan lama-kelamaan bisa saja akan menyebabkan kebotakan total pada rambut.

  1. Kebotakan Simtomatik

Kebotakan bisa terjai jika Anda mengalami stres, demam tinggi, alergi hebat, disertai engan penyakit menahun. Jika menemui gejala tersebut, maka bisa saja Anda menederita kebotakan simtomatik. Tanda-tandanya akan terlihat pada rambut yang akan rontok merata dan lama untuk tumbuh. Untuk menghindari penyakit ini Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan gizi serta vitamin dan mineral.

  1. Kebotakan Jaringan Parut

kebotakan ini terjadi karena berubahnya bekas luka pada kulit kepala menjadi jaringan parut, yang disebabkan oleh virus, jamur, bakteri, dan penyakit lainnya. oleh karena itu, jaringan parut yang ada i kulit kepala tadi menyebabkan rambut tidak dapat tumbuh kembali. Umumnya kebotakan ini ialami oleh orang paruh baya.

  1. Kebotakan Seboroik

Apabila kulit kepala Anda mengelupas, berhati-hatilah bisa jadi itu adalah tanda bahwa Anda mengalami kebotaka seboroik. Peradangan ini kan membuat kulit kepala mengelupas dan akhirnya menyebabkan kerontokan rambut perlahan-lahan secara merata. Kerontokan akan dimulai dari rambut pada bagian dahi, kemudian terus ke belakang sampai ke puncak kepala. Lalu akan berhenti dan menyisakan rambut pada bagian belakang dan atas telinga saja.

Faktor Penyebab Kebotakan

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kebotakan pada rambut, diantaranya adalah:

  1. Faktor Genetik
  2. Faktor infeksi
  3. Alkohol dan rokok
  4. Gangguan Sistem Imun dan Hormonal
  5. Penyakit serta Kondisi medis

Meskipun kebotakan bisa saja terjadi karena disebabkan oleh faktor genetik, namun faktor eksternal merupakan penyebab yang paling banyak ditemukan. Oleh karena itu, dengan melakukan gaya hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan serta mengonsumsi makanan yang bergizi akan membantu Anda mencegah kebotakan pada rambut. Tidak mengonsumsi alkohol dan rokok juga merupakan langkah yang tepat agar Anda bisa terhindar dari kebotakan.

Demikian beberapa jenis dan penyebab dari kebotakan yang banyak dialami oleh sebagian orang. meskipun agak sepele, kebotakan juga tidak mudah disembuhkan begitu saja. butuh perawatan serta pengobatan yang bisa Anda lakukan jika sudah terdeteksi sejak dini. Anda bisa memakai obat penumbuh rambut, namun ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui penyebab kebotakan tersebut agar dapat ditangani dengan tepat.

Share

Anda mungkin juga menyukai