Perkuat Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin C

Dalam tubuh manusia terdapat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun yang berfungsi untuk menghalau serangan mikroorganisme yang akan menyebabakan penyakit. Namun, tidak selamanya sistem imun ini akan bekerja dengan baik. oleh karena itu, agar kebutuhan gizi Anda terpenuhi maka Anda membutuhkan asupan vitamin yang lebih banyak.

Bahkan para ilmuwan menyebutkan bahwa orang-orang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan gizinya sangat rentan terhadap penyakit. Kekurangan vitamin A,D,C,E, zat besi, zinc, asam folat, dan selenium akan berdampak pada respon imun di dalam tubuh.

Manfaat Vitamin C dalam Tubuh

Salah satu vitamin dalam sistem imun manusia adalah vitamin C. Vitamin yang biasa disebut dengan asam askorbat ini akan menghasilkan zat yang bernama kolagen, zat ini akan sangat berguna untuk memperbaiki serta menjaga kesehatan kulit, gigi, dan tulang. Selain mengonsumsi suplemen, vitamin c juga bisa diperoleh pada sebagian buah-buahan serta sayuran, seperti nanas, cabai, brokoli, jeruk, kiwi, stroberi, dan lain sebagainya.

Untuk menambah asupan vitamin C, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen. Suplemen ini memiliki fungsi untuk mengobati serta mencegah defisiensi vitamin C dalam tubuh. tetapi, suplemen ini juga memiliki fungsi lainnya anatara lain, dapat membantu penyembuhan luka, melindungi sel-sel dala tubuh, dan menjaga kesehatan pada jaringan penghubung.

Ada beberapa manfaat lain yang terkandung dalam vitamin C, diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan sistem Imun dan proses Pemulihan

Seperti yang telah dijelaskan diatas, vitamin c sangat berguna untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. berbagai penyakit seperti batuk dan pilek dapat dicegah dengan mengonsumsi vitamin c. Selain itu, bagi yang sudah terserang keluhan penyakit tersebut juga bisa dibantu dengan vitamin c dalam upaya pemulihan.

  1. Berfungsi Sebagai Antioksidan

Vitamin c juga sangat berguna sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan . kerusakan tersebut biasanya terjadi akibat radikal bebas yang akan menyebabkan berbagai penyakit seperti penuaan dini, peyakit jantung, hingga kanker.

  1. Menjaga kesehatan Kulit

Dikarenakan vitamin c ini sangat berguna dalam membantu tubuh untuk memproduksi kolagen, yaitu protein yang mampu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit. Seringkali kita melihat ada orang yang senagja menyuntikkan vitamin c kedalam tubuh, hal itu dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, meremajakan kulit, dan dapat mencerahkan kulit.

Selain manfaat diatas, vitamin C memang mempu meningkatkan penyerapan zat besi yang ada pada makanan yang kita konsumsi serta bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Disebutkan dalam berbagai hasil studi bahwa vitamin C juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, gigi, serta tulng rawan. Selain itu, juga dapat membantu merawat kesehatan pembuluh darah serta jantung, sehingga terhindar dari penyakit stroke dan serangan jantung.

Buah dan Sayuran Kaya Vitamin C

Seperti yang kita ketahui, vitamin c pasti ientik dengan buah jeruk. Namun, ternyata seperti yang ilnsir oleh Boldsky ada beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin c lebih tinggi dibandingkan buah jeruk.

  1. Buah Stroberi

Buah dengan rasa manis dan asam ini memang telah dikenal sebagai sumber vitamin c yang tinggi. Dengan kandungan ini, buah stroberi memiliki antioksidan yang kuat, sehingga dapat memusnahkan racun serta mecegah resiko penyakit kanker. Selain itu, terdapat kanungan anthocyanin yang dapat membantu Anda membakar lemak dalam tubuh.

  1. Buah Nanas

Nanas mempunyai kandungan vitaminc yang tinggi serta kya akan serat. Selain itu, dia juga memiliki kandungan tiamin atau vitamin B jenis yang bisa meningkatkan produksi energi. Mengonsumsi nanas juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang Anda karena kandungan mangan didalamnya.

  1. Brokoli

Dibandingkn jeruk brokoli juga memiliki kandungan vitamin c yang cukup banyak dan juga dapat membantu kesehatan pencernaan. Jika Anda mengalami sembelit atau peradangan dapat dibantu dengan mengonsumsi brokoli untuk mempercepat pemulihan. Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi untuk menjaga kesehatan mata serta kaya akan vitamin E yang mampu merawat kesehatan kulit.

  1. Kiwi

Kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga membantu menjaga kesehatan otot dan jantung karena terdapat ekstra magnesium dan potasium didalmnya. Untuk penderita anemia juga disarankan sekali untuk mengonsumsi buah ini karena mengandung folat dan seng yang baik untuk kesehatan.

  1. Jambu Biji

Selain kandungan vitain C yang sangat tinggi, buah ini juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan bisa membantu dalam upaya penurunan berat badan. Jambu biji juga dapat memulihkan tekanan darah tinggi dan mengobati flu. Vitamin A dalam jambu biji juga sangat berperan untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Kembang Kol

Kembang kol juga ternyata memiliki kanungan vitamin C yang cukup bagi tubuh, selain itu terdapat berbagai kandungan lainnya yaitu folat, kalium, vitamin B kompleks, serta protein. Sayuran ini dapat membantu menormalka tekanan darah tinggi dan meningkatkan kinerja ginjal dalam tubuh.

  1. Pepaya

Sudah lama pepaya menjadi primadona dari buah yang dapat membantu mengatasi keluhan pencernaan. Kaya akan enzim pencernaan, pepaya juga memiliki vitamin C yang tinggi dalam membantu mencegah resiko kanker serta penyakit jantung.

Demikian penjelasan bagaimana pentingnya asupan vitamin c dalam tubuh. selain suplemen, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin c dengan mengonsumsi berbagai aneka buah dan sayuran segar. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C Anda setiap hari agar dapat terhindar dari berbagai resiko penyakit serius.

Share

Anda mungkin juga menyukai